Terbukti Peminat “Racun” Skincare Lokal Lebih Tinggi

Rabu, 30 Agustus 2023

Hallo semuanya!
Membahas produk skincare lokal emang tidak ada habisnya, keinginan kuat masyarakat terhadap skincare lokal sangatlah tinggi. Aku sadar betul kalau pasar skincare dan kosmetik sekarang telah di dominasi oleh brand lokal yang selalu berinovasi menciptakan dan memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat/konsumen. Berbeda dengan 6-7 tahun lalu dimana produk lokal masih jarang peminatnya. Bukan berarti produk lokal di produksi secara asal-asalan hanya demi memuaskan keinginan konsumen ya teman-teman. Disini kita perlu jeli teliti memilih dan menentukan produk lokal mana yang harus kita gunakan apakah layak atau tidak, apakah kandungannya aman atau tidak. Take a note, aku bukan dermatologist, aku hanya rakyat biasa yang suka mencoba skincare. 

skinproof

Mengapa harus pilih produk lokal?

Kalau ditanya mengapa aku pilih produk lokal, terutama untuk produk kosmetik skincare, alasannya cukup simple, karena menurutku produk lokal memiliki formulasi yang pas dan cocok dengan cuaca dan iklim Indonesia, jenis kulit, warna kulit orang Indonesia, dan tentu saja minat konsumen terhadap produk lokal meningkat. "Racun" skincare lokal membuat aku sangat penasaran untuk mencobanya, dan setelah mencoba aku cukup puas dengan hasilnya. Ternyata produk lokal cukup bagus, inovasinya semakin maju, formulanya masuk ke semua jenis kulit orang Indonesia dan brand paham tentang keinginan dan kebutuhan konsumen. Sebelum produk lokal menguasai pasar kosmetik di Indonesia, masyarakat tidak begitu tertarik dengan produk lokal. Dengan bertambahnya merek-merek dan influencer yang berhasil menebar “racun” produk lokal menjadikan produk lokal sangat amat layak untuk dicoba.

Selama bertahun-tahun mencoba skincare produk lokal dan skincare brand luar negeri menjadikan aku lebih selektif dan sedikit paham tentang perbedaan formula yang digunakan pada brand tersebut sesuai yang aku rasakan. Meskipun kadang aku menemukan suatu produk lokal hampir mirip teksturnya dengan produk luar, tapi setelah dicoba dan merasakannya dikulitku bisa terjadi formulanya berbeda lho. Selain dengan formulasi yang disesuaikan dengan cuaca dan kebutuhan kulit, harga produk lokal lebih terjangkau dan bisa masuk untuk semua kalangan.

Sebagai contoh meskipun kulitku kering, aku kurang suka menggunakan produk yang finishnya terlalu rich. Sebagai pemilik jenis kulit orang Indonesia dengan cuaca yang super hot ini tentu saja tekstur ringan seperti gel sangat diminati. Enggak heran banyak sekali brand-brand skincare lokal mengeluarkan produk moisturizer gel. Hal ini tercipta karena kebutuhan masyarakat,mereka tetap ingin menggunakan skincare meskipun cuaca panas.

Dengan banyaknya brand  produk lokal bermunculan, kita wajib tahu dan paham kredibilitas suatu produk layak atau tidak. SKINPROOF Bantu Konsumen dalam Memilih Produk Kosmetik Sesuai Kebutuhan.  Skinproof merupakan lembaga untuk evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen yang berdiri pada tahun 2017, bernaung dibawah PT Derma Asia Lab dan merupakan anak perusahaan Arya Noble Group. Kutipan narasumber pada press release, Ibu Theresia menyebutkan “Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi”. 

mengapa harus memilih produk lokal

SKINPROOF sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mengetahui kredibilitas produk sebelum dipasarkan kepada khalayak umum. Selain itu SKINPROOF juga mendorong suatu brand perusahaan merek-merek lokal untuk lebih memahami apa kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan ide dan inovasi produk untuk terus berkembang. Saat ini sudah banyak perusahaan kosmetik yang lolos uji SKINPROOF dan produknya sangat layak untuk dicoba. Dan kita sebagai konsumen jaman sekarang sudah mulai paham tentang kandungan dan keamanan produk kosmetik. Sehingga dapat menghindari skincare abal-abal gak jelas yang sampai saat ini masih meresahkan!

Salah satu produk yang aku punya telah lolos uji SKINPROOF, antara lain Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm. Cleansing balm yang sangat mudah menghapus makeup, termasuk makeup waterproof seperti mascara dan eyeliner terhapus sempurna dan sangat effortless. Aku menggunakan produk ini karena jenis kulitku dry to combination skin, acne prone, dan sensitive skin yang rawan gesekan, sehingga aku memilih menggunakan cleansing balm/oil untuk menghapus makeup. Selama ini aku pakai cleansing balm produk luar. Sebagai pecinta cleansing balm sekarang aku tidak perlu pusing-pusing mencari cleansing balm merek lokal yang berkualitas dan kredibilitasnya bisa di adu dengan cleansing balm merek luar.

Disamping harganya yang agak mahal, formulasi cleansing balm produk luar yang aku coba kurang begitu nendang untuk hapus makeup dibandingkan dengan Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm. Sejauh ini aku menggunakan produk ini tidak menimbulkan resiko iritasi, breakout, ataupun kulit sensitif. Formulanya beneran pas banget untuk kulitku yang mudah muncul jerawat dan komedo. Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm tidak berasa “sumuk” ketika digunakan untuk menghapus makeup. Selain Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Balm, ada Somethinc Omega Butter Deep Cleansing Balm yang telah lolos test Skinproof. Dua produk cleansing balm lokal ini cukup diminati konsumen dan formulanya mantul dan layak banget bangeett bangeettt untuk dicoba!

 

Kredibilitas produk lokal terutama kosmetik pada saat ini semakin meningkat secara signifikan. Sebagai konsumen kita perlu teliti memilih kandungan dan keamanan suatu produk kosmetik. Kulit wajah kita adalah investasi jadi berikan yang terbaik untuk kulitmu. Melalui SKINPROOF sebagai layanan uji riset dermatologis menguji keamanan dan klaim produk, pendataan produk secara lengkap dan akurat bisa menjadi salah satu acuan pendukung untuk menilai suatu kredibilitas produk dan manfaat produk sehingga sebagai konsumen kita akan terasa aman dan terhindar dari efek samping suatu produk. SKINPROOF telah bekerjasama dengan banyak brand-brand perusahaan kosmetik besar di Indonesia sehingga kredibilitas produk yang telah lolos test SKINPROOF aman dan terpercaya untuk kulit kita.

Informasi lengkap tentang SKINPROOF bisa cek di website dan Instagramnya :
Website : https://skinproof.co.id/
Instagram : @skinproof.id dan @aryanoblelive

Produk lokal semakin bagus sehingga enggak salah lagi deh menggunakan produk lokal untuk glow up bareng! Jadi gimana nih teman-teman, produk lokal mampu berinovasi dan bersaing nih. Share juga yuk, kalian pilih produk lokal atau luar nih?

 

See you guys on my next post!
Thanks,
 

19 komentar

  1. jaman sekarang produk lokal tuh ga kalah sama produk luar ya wie, keren semua sampe kadang salah ngira produk luar padahal lokal hahaaa

    BalasHapus
  2. Bener bgt, produk lokal sekarang udah bagus-bagus sih

    BalasHapus
  3. Racun skincare lokal emg ga main2 sihh hahaha ada aja pasti yg jadi wishlist

    BalasHapus
  4. Setuju sih kak, walaupun banyak produk import, tapi lokal tetap pemenangnya. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka banget sama produk lokal. Recommended karena kualitasnya bagus.

      Hapus
  5. Skincare lokal formulasi nya udah keren keren ga kalah sama Skincare luar

    BalasHapus
  6. Sekarang produk lokal bisa loh di sandingkan sama produk import, kualitasnya makin banyak yang improve soalnya😻 (febyarp)

    BalasHapus
  7. Kalau buat tahu suatu locak brand product udh melewati uji skinproof itu gimana kak dew?
    - yasintanurlailaa

    BalasHapus
  8. Produk lokal sekarang udah bagus2 banget malah mau hampir setara sama produk2 luar dengan harga yang lebih terjangkau pulaa😍😍

    BalasHapus
  9. setuju sih kak, semakin kesini produk lokal ga kalah cakepnya, mana harganya juga affordable yaa [kikifzh_]

    BalasHapus
  10. Aku juga suka bgttt skincare lokall

    BalasHapus
  11. Bener bangett,produk local makin kesini makin bagus dan berkualitas,malah under 50k aja udah dapat yang cakep!😍😍 -Riani

    BalasHapus
  12. Racun skincare sekarang tuh emng naik drastis bgt, aku jg sering keracunan skincare² lokal hehe

    BalasHapus
  13. Jujur bangga bgt produk lokal skrg -skinonvskin

    BalasHapus
  14. skincare lokal makin menjamur ampe bingung sendiri 🤣 -aini

    BalasHapus
  15. Racyun produk lokal skrng emang keren semuaa asli, prouddd!❤

    BalasHapus
  16. 22nya kepoo aku blm cobain CB nya euyy,,skg pake produk lokal ga perlu takut2 lagi krna semuanya sdh terjamin n terjangkauu

    BalasHapus
  17. Bener banget produk lokal sekarang tuh bagus-bagus emangan


    Putri lasim

    BalasHapus
  18. Bangga bgt sama produk lokal, harganya juga terjangkau dan gampang dicari

    BalasHapus

Feel free to say anything :)
Please waiting my approval of your comment, I don't want to miss any comment! ♥ Please don't use the comments to advertise.. Thank you :)