Klaim Produk Sebagai Penentu Kredibilitas Produk - SKINPROOF

Minggu, 25 Juni 2023

Hallo semuanya! 

Apa kabar?! Hhihi

Dalam kurun waktu 5 tahun ini dunia kecantikan terutama skincare dan personal care di Indonesia lagi ramai banget. Banyak bermunculan brand-brand skincare baru. Hal ini tidak lepas dari ketertarikan dan keinginan konsumen sebagai pengguna skincare. Seperti yang kita tahu kalau setiap jenis kulit masing-masing berbeda dan skincare itu cocok-cocokan. Cocok di kulitku belum tentu cocok di kulit teman-teman.

Credit : SKINPROOF

Setiap merek atau brand wajib mengetahui apa yang diinginkan konsumen, seperti manfaat dan klaim produk, tentang harga yang bersaing, packaging yang menarik untuk mendorong penjualan suatu produk. Sebelum brand mengeluarkan produk untuk dijual secara umum tentu saja mereka telah menguji produk dan mencari informasi apa yang lagi di “cari” konsumen. Klaim suatu produk sangat penting untuk menarik perhatian konsumen untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mencoba produk tersebut. Sebagai beauty enthusiast aku paling tertarik dengan klaim produk sesuai kebutuhan kulitku saat ini dan pastinya kulitku berharap dapat merasakan manfaat klaim produk tersebut.

Membuat Klaim suatu produk tidak mudah, ternyata ada suatu proses penilaian klaim harus jujur dan terbukti sehingga tidak menyesatkan konsumen dalam memilih produk. Disini SKINPROOF Bantu Konsumen dalam Memilih Produk Kosmetik Sesuai Kebutuhan.  Skinproof berdiri pada tahun 2017, bernaung dibawah PT Derma Asia Lab dan merupakan anak perusahaan Arya Noble Group. Pasti enggak asing donk dengan ERHA, DERMIES, Derma XP, dan masih banyak lagi, nah SKINPROOF ini masih satu atap sama brand-brand Dermatology ini.

Credit : SKINPROOF

SKINPROOF mengadakan workshop beberapa waktu lalu dengan tema “The Importance of Credibility”. Dimana dalam acara workshop tersebut, CEO ARYA NOBLE yaitu bapak Alfons Sindupranata mengatakan bahwa SKINPROOF berkomitmen untuk mengedukasi konsumen mengenai cara memilih produk yang baik sesuai dengan kredibilitas produk sehingga kita dapat memilih produk secara tepat untuk permasalahan kulit kita.

APA SIH SKINPROOF ITU?

SKINPROOF sebagai Clinical Research Organization (CRO) suatu lembaga pelayanan untuk melakukan riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, wellness, dan personal care, memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan product testing dan consumer research melalui metode yang sudah sesuai dengan standart-nya. Saat ini SKINPROOF memiliki lebih dari 8000 panelis di seluruh kota-kota besar Indonesia untuk menunjang riset penilaian secara jujur dan tepat. SKINPROOF dapat membantu melalui consumer research yang cukup valid dan tepat sasaran. Mengingat setiap konsumen memiliki perbedaan pendapat dan review produk yang digunakan.

Peran SKINPROOF dalam mendukung perkembangan industri kosmetik di Indonesia melalui service pengujian yang dilakukan Skinproof untuk produk dermatologi seperti Uji khasiat atau efikasi (Efficacy test) seperti Skin Brightening Lightening Test, Skin Elasticity Test, Skin Texture Wrinkle Test, dan Skin Sebum Oily Test, Uji keamanan (Safety test) berupa Patch Test dan Hypoallergenic Test, dan Sunscreen Testing.

 

Ada 5 kategori test klaim yang dilakukan oleh SKINPROOF, yaitu :

  • Efficacy/Performance claim : Untuk mengetahui apakah produk bekerja sesuai dengan klaim nya.
  • Ingredients claim : Cek ingredient nya apakah sesuai dengan klaim
  • Sensory claim : berkaitan dengan sensasi atau pengelaman sensori/sentuhan pada
  • Consumer claim, merupakan hasil yang didapatkan setelah konsumen menggunakan produk
  • Comparison claim, perbandingan untuk menggambarkan komparasi produk dengan produk lainny

So, SKINPROOF berkomitmen untuk membantu para brand owner atau pelaku usaha terutama di industri kosmetik sebelum dijual ke pasaran secara umum dengan memastikan produk tersebut aman dan sesuai dengan klaim yang di cantumkan pada produk tersebut. Singkatnya, Skinproof juga bisa membantu produsen memenuhi regulasi pemerintah melalui pengujian produk sebelum produk di uji ke BPOM. Produk harus lolos test dan uji Klaim di SKINPROOF terlebih dahulu untuk mendapatkan ijin edar BPOM. Selain itu Klaim suatu produk merupakan kredibilitas dan cara memasarkan produk yang sangat penting karena hal ini akan membangun kepercayaan konsumen pada suatu brand dan produk. Maka itu anti banget dan hindari overclaim atau klaim palsu hanya untuk meningkatkan penjualan.

Credit : SKINPROOF

Begitu pentingnya peran Klaim Produk sangat membantu memilih jenis skincare atau produk kosmetik yang kita butuhkan agar tidak tertipu. Sedikit cerita, aku memiliki jenis kulit kering namun sering berjerawat. Biasanya produk untuk jerawat ada efek yang membuat wajah kering karena rata-rata bisa mengontrol/mengurangi produksi sebum dan minyak. Disini aku sempat galau banget harus pakai skincare apa yang sesuai jenis kulitku. Melalui suatu klaim produk aku bisa memilih secara tepat yang harus aku gunakan dan belajar dari klaim produk tentang ingredients yang digunakan pada suatu produk. Salah satu ingredients yang sangat cocok dikulitku adalah Ceramide. Ceramide dapat memperkuat Skin Barrier dan melembapkan kulit. Maka itu untuk klaim produk yang mengandung Ceramide membuat aku tertarik untuk mencobanya. Beda lagi, andai suatu produk tidak memberikan produk klaim dan kita menggunakan produk secara asal-asalan, bukannya kulit makin glowing malah terjadi breakout sehingga membuat kulit makin sensitif dan sakit.

Dibawah ini merupakan brand-brand yang telah melakukan uji klaim dan mempercayakan SKINPROOF untuk menilai kredibilitas produk terbaik. Ada brand kosmetik dan skincare kesayangan kamu enggak nih? ^^

SKINPROOF sebagai lembaga menguji keamanan dan klaim produk, pendataan produk secara lengkap dan akurat bisa menjadi salah satu acuan pendukung untuk menilai suatu kredibilitas produk dan manfaat produk sehingga sebagai konsumen kita akan terasa aman dan terhindar dari efek samping suatu produk. Kita sebagai consumer pun sangat terbantu apabila produsen kosmetik melakukan uji keamanan dan klaim di SKINPROOF. Kredibilitas produk jadi lebih terpercaya dan sangat layak untuk kita rasakan manfaatnya.

Informasi lengkap tentang SKINPROOF bisa cek di website dan Instagramnya yesss :

Website : https://skinproof.co.id/

  Instagram : @skinproof.id dan @aryanoblelive

Semoga tulisanku ini bisa membuat kita melek tentang pentingnya suatu klaim produk yang aman dan teruji klinis memberikan manfaat pada kulit kita, sehingga kita jauh dari klaim palsu yang menyesatkan ya gaes!


See you guys on my next post!
Thanks,
 

21 komentar

  1. Yupps bener banget tahun Ketahun banyak brand bermunculan dengan berbagai klaim ini itu,sampe bingung mau coba yang mana 🫠

    BalasHapus
  2. Ngebantu banget ya ini biar gak ada lagi salah pilih kosmetik

    BalasHapus
  3. Bener banget wie, apalagi beberapa taun terakhir kan banyak banget brand2 baru bermunculan ya

    BalasHapus
  4. Menarik banget sih ini, kita jadi tau kosmetik yang cocok untuk kulit ya

    BalasHapus
  5. Keren banget, dengan adanya opsi ini, konsumen jadi lebih paham produk mana yang cocok di kulit dan bekerja optimal.

    BalasHapus
  6. jadi membantu banget ya skinproof ini apalagi buat yang suka gonta ganti skincare .

    BalasHapus
  7. Saya dulu selalu mikir kalau di Indonesia siapa yang ngecek klaim produk, ternyata Skinproof ya!

    BalasHapus
  8. Mantap banget deh skinproof ini. Membantu konsumen, jadi lebih paham kalau mau beli yg sesuai dgn permasalahan jenis kulit

    BalasHapus
  9. Bagus banget dengan adanya skinproot kita ga takut lagi produk skincare kenapa2 karena udah di uji

    BalasHapus
  10. aah sekarang akuu tauu, berguna banget ya skinproof ini bantu mempermudah kita kalau lagi mau beli beauty products 💖

    BalasHapus
  11. Wah keren banget nih, informasinya sangat lengkap dan mendetail dan ternyata banyak banget yaa brand yang sudah bekerja sama dengan skinproof ini apalagi sampai ada kimia farma mah keren banget sii😍

    BalasHapus
  12. Insight bagus nih, skincare emang lagi pesat-pesatnya ini jadi langkah bagus bgt 👏

    BalasHapus
  13. sekarang aku jadi lebih tahu nih kak, btw nice postinganya kak ngebantu banget

    BalasHapus
  14. Kelayakan skinproof ini penting bgt ya wie buat kita pilih2 brand skincare yg aman buat kita

    BalasHapus
  15. Informasinya mendetail dan bermanfaat banget nih kak 😍

    BalasHapus
  16. Wah bener juga, next cek dulu ah di skinproof

    BalasHapus
  17. Informatif bgt nih thank you kak akhirnya paham betul nih ttg skinproof

    BalasHapus
  18. Jd lebih tau nih ttg skinproof, thankyou kak -skinonvskin

    BalasHapus
  19. Informasi yang sangat bagus kak jdi tau skinproff itu apaa 😍👍 -anugrahmia

    BalasHapus
  20. Skincare tuh emang 'personal,' ya! Klaim produk jadi panduan penting buat cari yang cocok. SKINPROOF banget, ngebantu kita milih produk sesuai kebutuhan kulit, jadi enggak salah pilih! Keren banget konsepnya buat ngebantu produsen sampe ke konsumen. Cek websitenya buat info lebih lanjut, guys! #SkincareMatters

    BalasHapus

Feel free to say anything :)
Please waiting my approval of your comment, I don't want to miss any comment! ♥ Please don't use the comments to advertise.. Thank you :)