Travelling Naik Kereta Api Ke Jakarta? Why Not!

Kamis, 12 September 2019

Hallo semuanya!
Bagi teman-teman yang tinggal di luar ibukota Jakarta pernah tidak sih kepikiran untuk mengunjungi kota metropolitan ini? Aku pribadi dari dulu kecil pengen ke Jakarta, katanya sih merantau di Jakarta bakalan sukses. Itu dulu ya pemikiran aku waktu jaman sekolah dulu. Pusat pemerintahan bahkan keramaian Indonesia ada di Jakarta. Semakin aku besar dan tahu oh ternyata Jakarta juga hampir sama dengan Solo aku tetap punya keinginan pengen suatu saat bisa pergi ke Jakarta. Suatu ketika ada pekerjaan yang aku harus pergi ke Jakarta, tanpa pikir langsung aku iyain saja. Hitung-hitung sambil menyelam minum air, bekerja dan jalan-jalan ke Ibukota.

Cr. Pexels
Perjalanan ke Jakarta aku memilih naik kereta api dengan alasan lokasi stasiun lebih dekat dari rumah dan harga tiket juga tidak terlalu mahal dibanding kita pergi menggunakan pesawat terbang. Selain alasan utama harga tiket kereta yang lebih murah, naik kereta api kita bisa istirahat sejenak. Bisa tidur pules karena sebelumnya aku kerja dulu seharian. Pulang kerja lanjut naik kereta api menuju Jakarta dari Stasiun Solo Balapan. Bayangin gimana capeknya aku. Kereta Api makin kesini makin bagus service nya, tempat duduknya nyaman sehingga kita dapat menikmati perjalanan dengan santai dan tidak capek. Oh ya, aku turun di stasiun Pasar Senen.

Aku cek Pegipegi dan membeli tiket kereta api online agar lebih menghemat waktu. Website Pegipegi cukup update untuk jadwal kereta api. Pemesanan tiket kereta api Pegipegi.com dapat kita lakukan minimal 90 hari sebelum keberangkatan dan minimal 3 jam sebelum keberangkatan. Jadi cocok banget untuk yang ada acara atau pekerjaan yang bersifat dadakan ke luar kota bisa pesan tiket di Pegipegi. Kelebihan Pegipegi transaksi mudah tanpa antri dengan sistem yang terpercaya. Biasanya aku pesan tiket kereta api dan pembayarannya melalu transfer bank atau lewat Indomaret juga bisa lho.

Karena punya waktu yang tidak banyak selama di Jakarta setelah menyelesaian segala urusan pekerjaan, aku dan suami, iya aku di temani suamiku, pergi sendiri belum berani shay. Bermodal kartu Trans Jakarta, kita explore Jakarta naik Trans Jakarta yang murah meriah dan bisa keliling Jakarta dengan aman tanpa takut nyasar. Maaf juga kalau aku agak norak, karena ini merupakan pengalaman aku pertama kali pergi ke Jakarta.

Dibawah ini tempat-tempat di Jakarta yang aku kunjungi dan bisa jadi rekomendasi juga untuk teman-teman yang ingin travelling dan liburan ke Jakarta.

MONAS
Semua orang pasti tahu ya kalau Jakarta mempunyai Monumen Nasional  yang wajib dikunjungi. Monas mempunyai tinggi 132 meter dengan puncak yang sangat amat cakep sekali! Pas liat aku langsung terpana lho. Pada puncak terdapat lidah api setinggi 17 meter dan dibuat dari perunggu berlapis emas dengan berat 45 kg, keren banget!

Maaf ya fotonya gelap, karena aku kesana pas malam hari.
Monas buka dari pagi sampai malam sekitar jam 22.00 WIB, aku kesana sekitar jam 7 malam aku lupa hari apa kayaknya hari Jumat deh. Kata temanku, setiap hari sabtu dan minggu ada air mancur menari. Sayang banget enggak bisa lihat. Tapi tetap senang karena bisa lihat Monas secara langsung.

PASAR TANAH ABANG
Entah kenapa keesokan harinya aku sama suami pengen jalan-jalan ke Tanah Abang, lihat-lihat saja daripada gabut di hotel dan menghabiskan weekend di Jakarta. Sesuai ekspetasi, ramai banget pasar Tanah Abang ini. Aku jadi bingung dan sedikit lelah gara-gara liat banyaknya orang yang berlalu-lalang. Disisi lain, Tanah Abang surga belanja, bagi teman-teman yang hobi belanja wajib datang kesini.
Aku lihat beberapa baju-baju di online shop ada disini, mungkin mereka ada yang punya store offline disini atau kulakan dari Tanah Abang. Dari segi harga tidak beda sama Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo. Bedanya Tanah Abang punya barang yang lebih update dan bagus-bagus model –modelnya. Kalap belanja baju dan pernak-pernik di Tanah Abang. Jangan lupa sebelum beli kalian tawar harga dulu ya biar dapat harga yang lebih murah.

KOTA TUA
Setelah capek muter-muter Pasar Tanah Abang, kami lanjut pergi ke Kota Tua. Di Kota Tua kita hanya duduk-duduk santai sambil menikmati malam mingguan. Sebenarnya di Kota Tua ini cukup banyak bangunan-bangunan jaman dulu seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Taman Fatahillah. Hanya saja karena weekend cukup ramai pengunjung sehingga aku menghabiskan waktu dengan santai.

Suami yang nongol :D
Berhubung sedikit waktu yang kita punya di Jakarta dan hari minggu harus segera pulang maka aku kurang mengexplore Jakarta. Suatu saat sih pengen banget pergi ke Taman Mini Indonesia Indah, Dufan Ancol dan tempat lainnya di Jakarta yang asyik.
Mungkin teman-teman yang di Jakarta atau sekitarnya punya rekomendasi tempat yang asyik di Jakarta? Komen dibawah ya. Thank you! :)

See you guys on my next post!